Selama Puasa, Waspada Penyakit Pancaroba

Rep: Edy Setiyoko/ Red: A.Syalaby Ichsan

Senin 15 Jul 2013 10:32 WIB

Berbuka puasa bersama di Masjid Istiqlal, Jakarta. Foto: Republika/Agung Supriyanto Berbuka puasa bersama di Masjid Istiqlal, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Kesehatan Kota Solo meminta warga setempat khususnya yang sedang menjalankan ibadah puasa berhati-hati terhadap serangan penyakit yang mungkin terjadi saat musim pancaroba.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo Siti Wahyuningsih mengungkapkan, selama peralihan musim kemarau ini, masyarakat juga dihimbau untuk waspada terhadap serangan beberapa jenis penyakit yang kemungkinan bisa menyerang. 

Kemungkinan beberapa penyakit yang bisa diderita dalam bulan tersebut, seperti, diare, kelainan lambung dan infeksi saluran pernapasan akut (Ispa). 

Hal tersebut, menurut Siti Wahyuni, diakibatkan pola makan yang berubah dalam bulan puasa, dan tidur yang kurang cukup. Terlebih, pergantian musim saat ini menjadi kurang mendukung.

''Saya imbau kepada masyarakat untuk bisa menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Harus banyak istirahat dan makan makanan yang cukup''. Menurutnya, konsumsi makanan yang bergizi selama bulan puasa harus benar-benar dijaga.

Terpopuler