Aparat Polisi Ditugasi Bangunkan Sahur Warga

Red: Didi Purwadi

Ahad 14 Jul 2013 10:07 WIB

Sejumlah anggota polisi memukul kentongan ketika patroli membangunkan sahur warga. (ilustrasi) Foto: Antara/M Risyal Hidayat Sejumlah anggota polisi memukul kentongan ketika patroli membangunkan sahur warga. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Kepolisian Daerah Kalimantan Barat sepanjang bulan Ramadhan telah menugaskan sebanyak 25 anggota dari satuan Direktorat Sabhara melakukan patroli serta membangunkan warga untuk bangun sahur di wilayah Pontianak.

"Kami setiap harinya menurunkan sebanyak 25 anggota dari Direktorat Sabhara Polda Kalbar, dengan tim yang berbeda-beda, dimana mereka saya tugaskan untuk berpatroli guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) sekaligus membangunkan warga untuk sahur," kata Kapolda Kalbar, Brigjen (Pol) Tugas Dwi Apriyanto, di Pontianak, Minggu.

Tugas menjelaskan program tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat pada dini hari. Itu terutama bagi umat Islam yang sedang melaksanakan sahur.

"Patroli jelang sahur itu dilakukan menggunakan kendaraan roda dua, sehingga memudahkan anggota untuk masuk ke gang-gang yang sempit sekalipun," ujarnya.

Dalam berpatroli, petugas kepolisian itu menggunakan pengeras suara saat membangun warga untuk makan sahur. Mereka juga memberikan imbauan-imbauan terkait untuk bersama-sama dalam menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing.

Kapolda Kalbar mengatakan patroli tersebut bertujuan menjaga Kamtibmas dan membangunkan umat Islam untuk melaksanakan sahur. Selain itu, pihaknya juga bertujuan meningkatkan silaturahim petugas kepolisian dengan masyarakat.

"Selain menjalankan tugas, kami sekaligus ingin bersilaturahim dengan masyarakat. Ini tentunya dengan cara-cara yang humanis," ujarnya.

 

Terpopuler