Mukomuko Jadikan Masjid Tempat Istirahat Pemudik

Red: Didi Purwadi

Ahad 14 Jul 2013 08:04 WIB

 Salah seorang pemudik motor dengan anggota keluarganya. Foto: Antara/Noveradika Salah seorang pemudik motor dengan anggota keluarganya.

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menjadikan semua bagunan masjid di sepanjang Jalan Lintas Sumatera di daerah itu sebagai tempat istirahat bagi pemudik lebaran.

"Kita sudah putuskan dalam rapat dengan semua pihak termasuk camat dan aparta desa agar membuka masjid selama arus mudik hingga balik lebaran," kata Asisten III Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Gianto, di Mukomuko, Minggu.

Tujuannya agar pemudik yang melintasi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah itu baik dari arah Sumatera Barat (Sumbar) maupun Kota Bengkulu dapat mengunakan fasilitas di masjid untuk beristirahat.

"Sebenarnya bukan di masjid saja pemudik bisa istirahat, di fasilitas lain seperti kantor polisi atau Pos Pengamanan juga bisa. Yang pasti banyak pilihan bagi pemudik untuk beristirahat," katanya.

Ia menjelaskan hampir merata setiap desa yang berada sepanjang Jalinsum di daerah tersebut memiliki satu hingga dua masjid mulai dari Kecamatan Air Rami hingga Lubuk Pinang.

Pemerintah setempat menetapkan salah satu tempat istirahat di masjid karena di sana aman selain tersedia fasilitas air bersih.

"Paling tidak, tersedianya masjid tersebut dapat membantu pemudik yang keletihan ketika menempuh perjalanan jauh,'' katanya. ''Apalagi, pemudik yang mengunakan sepeda motor.''

Terpopuler