Cory Paterson, tak Gentar Bermain Rugby Saat Berpuasa

Rep: Agung Sasongko / Red: M Irwan Ariefyanto

Sabtu 13 Jul 2013 00:28 WIB

Cory Paterson Foto: Daily Telegraph Cory Paterson

REPUBLIKA.CO.ID,QUEENSLANDS - Pemain National Rubgby League (NRL) Australia, di klub North Queensland Cowboys, Cory Paterson, tak gentar menjalani rutinitasnya sebagai pemain rugby profesional meski harus berpuasa. Ia menjadi pemain kedua NRL setelah Hazem El Masri, punggawa Bulldogs, yang berpuasa.

Banyak kalangan meragukan niat Paterson lantaran Townsville merupakan kawasan tropis. Kondisi itu otomatis akan menguras tenaga. Apalagi Peterson, akan terlibat dalam empat pertandingan. Meski empat pertandingan tadi dilaksanakan pada malam hari.

Kekhawatiran lain, tidak seperti El Masri, yang merupakan Muslim sejak lahir, Paterson tidak pernah berpuasa sebelumnya lantaran ia baru saja memutuskan memeluk Islam semenjak pindah dari Newcastle, Juni, dua tahun lalu.

Saat itu, Paterson menegaskan ia seorang Muslim dan mulai berpuasa. Tapi dia menolak untuk menjelaskan kondisinya hingga mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan sang manajer baru, Khoder Nasser.  Perlu diketahui, sang manajer merupakan sosok dibalik keputusan seorang pemain lain, Antony Mundine, yang juga memeluk Islam dekade lalu.

Namun, Paterson, semenjak itu membahas rutinitas barunya dengan pelatih North Queensland Neil Henry dan manajer Peter Parr. Keduanya baru mengetahui bahwa pemainnya tengah menjalani kewajiban yang diajarkan agama barunya. Paterson meyakinkan keduanya, kemampuannya saat berlatih atau bermain tidak akan terganggu, karena Ramadhan memungkinkan pengecualian jika diperlukan lantaran pekerjaan.

"Dia menjelaskan bagaimana hal itu tidak akan berdampak pada persiapannya atau kinerjanya," kata Parr seperti dikutip dari The Daily Telegraph.

Ia mengatakan, bukan wewenang dirinya untuk mencampuri urusan pribadi Paterson. Namun, ia memuji pendekatan yang dilakukan Peterson terkait keyakinan barunya. "Tantangan Besar bagi saya memulai hal yang baru, " tulis Paterson dalam akun twitter miliknya.

Terpopuler