Demba Ba: Allah Mudahkan Ibadah Puasa

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Yudha Manggala P Putra

Jumat 12 Jul 2013 02:49 WIB

Selebrasi sujud penyerang muslim Chelsea, Demba ba. Foto: dailymail.co.uk Selebrasi sujud penyerang muslim Chelsea, Demba ba.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penyerang Chelsea Demba Ba bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan 1434 hijriah. Bahkan, pemain yang identik dengan selebrasi sujud syukur di pojok lapangan ini turut menyemangati umat Islam dalam berpuasa.

Menurut Ba, kaum Muslim yang berpuasa tidak akan menjalaninya dengan berat jika percaya dengan Sang Pencipta. "Ramadan mubarak oummati. ALLAH make it easy for us (Bulan Ramadhan penuh berkah bagi seluruh umat Islam. Allah membuat ibadah puasa menjadi ringan untuk kita)," katanya melalui akun twitter, @dembabafoot.

Ba memang dikenal sebagai pemain yang tidak kenal kompromi dalam menjalankan ritual keagamaan. Mantan ujung tombak Newcastle United ini menegaskan, Islam sangat penting bagi perjalanan hidupnya.

"Agama (Islam) adalah hal terpenting dalam hidup ini, jauh lebih penting dari sepak bola," kata penggawa Timnas Senegal ini kepada BBC belum lama ini.

Untuk itu, Ba memilih tidak sejalan dengan kebijakan klub karena memilih tetap menjalankan ibadah puasa dalam kondisi apa pun. Ia berani melawan keputusan Jose Mourinho yang menyarankan pemainnya untuk menyesuaikan diri selama masa pelatihan agar kemampuan fisik meningkat.

"Setiap ada manajer yang tidak senang saya menjalankan puasa, saya akan memastikan performa tetap baik. Jika tidak, mereka bebas untuk membangku cadangkan saya."

Terpopuler