Pengemis 'Iseng-Iseng' Marak Selama Ramadhan

Red: Didi Purwadi

Kamis 11 Jul 2013 19:07 WIB

Anak jalanan Foto: Bismo/Republika Anak jalanan

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Mataram, H Anis Masyur, mengimbau semua orang tua agar meningkatkan pengawasan terhadap anak mereka terutama selama bulan Ramadhan 1434 hijriyah.

Hal tersebut agar anak-anak mereka tidak turun ke jalan untuk meminta-meminta.

"Ini dimaksudkan agar anak-anak mereka tidak turun ke jalanan untuk meminta-minta di setiap traffic light atau pusat-pusat keramian lainnya," kata Anis.

Dia mengatakan orang tua memiliki peran penting dalam upaya mengurangi jumlah anjal di Kota Mataram terlebih lagi pada bulan suci Ramadhan seperti sekarang ini.

"Selama Ramadhan jumlah anak jalanan di Kota Mataram meningkat dengan berbagai alasan,'' katanya.

''Ada yang meminta-meminta karena ingin mendapatkan uang untuk main-main atau membeli makanan enak,'' katanya. ''Bahkan, ada yang hanya iseng-iseng."

Anis mengatakan jumlah anjal biasanya kian meningkat ketika memasuki bulan suci Ramadhan. Itu Karena dermawan yang memberi uang semakin banyak.

Dalam kaitan itu, pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang mampu agar tidak memberikan uang.

Terpopuler