Jamaah Tarekat Syattariyah Baru Puasa Kamis Ini

Red: Didi Purwadi

Kamis 11 Jul 2013 14:46 WIB

Ramadhan Foto: IST Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, PADANGPARIAMAN -- Jamaah Tarekat Syattariyah di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, mengumumkan 1 Ramadhan 1434 Hijriah jatuh pada Kamis 11 Juli 2013.

Ketetapan itu dikatakan tokoh ulama jemaah Tarekat Syattariyah Kabupaten Padangpariaman, Ali Imran Tuanku Kadi Ulakan, usai menilik atau melihat bulan di Pantai Ulakan, Kabupaten Padangpariaman, Rabu.

"Hari ini bulan sudah terlihat, jadi besok sudah masuk 1 Ramadhan," katanya.

Dengan ditetapkannya 1 Ramadhan pada Kamis, maka sekitar 10 ribu jemaah Tarekat Syattariyah di wilayah itu mulai menjalankan shalat tarawih pada Rabu (10/7) malam.

Sementara itu, Ali menambahkan prosesi menilik bulan dengan mata telanjang dan disaksikan ratusan jemaah tersebut tidak hanya dilakukan di Pantai Ulakan. Hal itu juga dilaksanakan di beberapa tempat di kabupaten itu di antaranya kawasan Koto Tuo, Tiku, dan Pinggir Koto.

Adapun prosesinya, kata Ali, diikuti oleh sejumlah ulama dari beberapa daerah di Sumatera Barat, di antaranya Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Solok, Kota Padangpanjang, dan Kabupaten Sijunjung.

Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni, bersama beberapa pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah atau SKPD terkait turut hadir dalam kesempatan itu.

"Pemerintah daerah sepenuhnya mendukung kegiatan menilik bulan ini,'' kata Ali Mukhni. ''Apalagi ini kan soal keyakinan, kita dukung."

Terpopuler