Google, Nokia, Microsoft, dan Blackberry Buat Aplikasi Ramadhan

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih

Kamis 11 Jul 2013 11:40 WIB

Nokia Lumia Nokia Lumia

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Perusahaan teknologi di seluruh Timur Tengah dan Afrika Utara mulai meluncurkan berbagai layanan dan aplikasi bertema Ramadhan. Google menjadi salah satu penyedia layanan khusus Ramadhan tersebut. 

Situs ini menyediakan berbagai layanan. Termasuk posting video Ramadhan di Youtube setiap hari, koki dengan inspirasi makanan berbuka dan berbagai kegiatan Ramadhan lainnya. Pengunjung situs dapat menyaksikan umrah yang disiarkan langsung dari Makkah melalui saluran Youtube.

Nokia dan Microsoft juga bersama-sama merilis aplikasi Ramadhan yang dapat diunduh melalui Windows Sotre. Mereka mengatakan ada minat yang kuat dari komunitas pengembang aplikasi untuk membuat konten Islam dan Ramadhan. Hal itu memungkinkan umat Islam di seluruh dunia dapat merayakan Bulan Suci bersama-sama.

"Ramadhan ini, pengguna Nokia Lumia akan memiliki akses mudah pada banyak pengalaman bahwa Muslim ingin lebih dekat dan membuat mereka terhubung dengan Ramadhan," ujar Michael Mansour, pengembang teknologi di Microsoft untuk negara-negara teluk Arab dikutip Al-Arabiya

Aplikasi yang tersedia termasuk Ramadhan Kareem yang memberikan informasi waktu shalat dan Alquran. Blackberry juga telah meluncurkan beberapa aplikasi bertema Ramadhan. Termasuk Islam 101 yang mencakup tentang informasi keislaman dan Haji yang memberi informasi haji. 

Terpopuler