Tarekat Syattariyah Mulai Puasa Hari Ini

Red: Mansyur Faqih

Kamis 11 Jul 2013 06:55 WIB

Tim Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kementerian Agama Sumbar bersama BMKG melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk menetapkan awal Ramadhan 1434 Hijriah di kawasan Bukit Lampu Padang, Sumbar, Senin (8/7). Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/ed/ama/13 Tim Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kementerian Agama Sumbar bersama BMKG melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk menetapkan awal Ramadhan 1434 Hijriah di kawasan Bukit Lampu Padang, Sumbar, Senin (8/7).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANGPARIAMAN -- Jamaah Tarekat Syattariyah di Kabupaten Padangpariaman, Sumatra Barat mengumumkan 1 Ramadhan 1434 Hijriah jatuh hari ini, Kamis (11/7). Ketetapan itu dikatakan tokoh ulama jemaah tarekat syattariyah Kabupaten Padangpariaman Ali Imran Tuanku Kadi Ulakan usai melihat bulan di Pantai Ulakan, Kabupaten Padangpariaman, Rabu (10/7).

Dengan begitu, maka sekitar 10 ribu jemaah Tarekat Syattariyah di wilayah itu, sebut Ali mulai menjalankan shalat tarawih pada Rabu (10/7) malam. Menurutnya, prosesi menilik bulan dengan mata telanjang dan disaksikan ratusan jemaah tersebut tidak hanya dilakukan di Pantai Ulakan. Namun juga dilaksanakan di beberapa tempat di kabupaten itu. Sepreti di kawasan Koto Tuo, Tiku, dan Pinggir Koto.

Prosesinya, kata Ali, diikuti oleh sejumlah ulama dari beberapa daerah di Sumatra Barat. Misalnya di antaranya Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Solok, Kota Padangpanjang, dan Kabupaten Sijunjung.

Selain itu, turut hadir dalam kesempatan itu, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni dan beberapa SKPD terkait. "Pemerintah daerah sepenuhnya mendukung kegiatan menilik bulan ini. Apalagi ini kan soal keyakinan, kita dukung," kata Bupati.

Terpopuler