Tips Lancar Jalani Puasa

Rep: Mg 04/ Red: M Irwan Ariefyanto

Kamis 11 Jul 2013 04:27 WIB

Puasa (ilustrasi) Foto: Republika/Yogi Ardhi Puasa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,Saatnya untuk berbagi tips aman berpuasa menurut dr Edy Rizal Wahyudi dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Disamping lancar berpuasa, hal ini juga dapat bermanfaat untuk gaya hidup sehat.

- Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak sampai dehidrasi.

- Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

-Saat berbuka Puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi Kurma. Hal ini dikarenakan kurma mengandung Gula, Serat, Karbohidrat, Kalium dan Magnesium. Kurma juga dapat kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama Puasa perlahan terpenuhi.

- Mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda. Sebab pisang merupakan sumber Kalium, Magnesium dan Karbohidrat.

- Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seseorang terutama yang sudah lanjut usia  cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti Jantung dan Hipertensi.

- Konsumsi air atau jus buah antara berbuka Puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.

- Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan anda merasa kenyang. Asupan makanan dengan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

Terpopuler