Banser Bantu Jaga Keamanan Kendaraan Jamaah Tarawih

Red: Didi Purwadi

Rabu 10 Jul 2013 07:49 WIB

Pasukan Banser. Foto: Antara/Eric Ireng Pasukan Banser.

REPUBLIKA.CO.ID, WAYKANAN -- Sejumlah anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, ikut menjaga keamanan kendaraan bermotor milik jamaah yang melaksanakan shalat tarawih di sejumlah masjid dan mushola di daerah setempat.

"Kita berupaya agar keamanan kendaraan jamaah shalat tarawih aman. Karena, aksi pencurian belakangan ini sering terjadi dengan menyatroni rumah warga," kata Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Banser Kecamatan Buaybahuga, Hudi Hidayat, di Waykanan, Rabu.

Banser menempatkan anggotanya untuk berjaga sambil beribadah di luar masjid. Mereka mengawasi kendaraan bermotor milik jamaah yang sedang melakukan shalat isya dan tarawih.

"Di Masjid Dusun II Kampung Sukada, tiap malam dua anggota kami tempatkan,'' katanya. ''Lalu, setelah shalat tarawih, sebanyak lima hingga enam warga melakukan ronda secara bergiliran setiap hari karena kondisi rawan pencurian mulai muncul."

Ia menyatakan pengamanan hanya dilakukan di tempat tertentu di wilayah Buaybahuga. Karena, belum semua kampung di daerah itu memiliki anggota Banser.

Terpopuler