Menu Ramadhan ala Chef Vindex

Red: M Irwan Ariefyanto

Rabu 10 Jul 2013 04:11 WIB

Porsi makanan dan ukuran piring  (ilustrasi) Porsi makanan dan ukuran piring (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --  Chef Vindex Tengker menyarankan untuk mengurangi minyak dan santan pada menu masakan yang disajikan selama bulan Ramadhan. "Kita sudah terbiasa dengan makanan berminyak dan bersantan, jadi mungkin merasa tidak apa-apa. Tapi, kalau mau masak yang lebih sehat, kurangi hal itu. Jika harus dibuat dengan santan, jangan terlalu kental," kata Chef Vindex.

Makanan khas Indonesia bisa menjadi pilihan menu lezat untuk berbuka, hanya saja dia mengingatkan untuk memilih makanan yang tidak terlalu banyak mengandung minyak dan santan. Koki yang pernah menjadi juri Master Chef Indonesia itu juga menyarankan sajian ala Timur Tengah seperti lamb kebab sebagai makanan untuk berbuka, dan jus kurma sebagai salah satu pilihan minuman pembuka. "Tapi jangan pakai banyak gula, sebisa mungkin manfaatkan natural sugar yang ada di buah," lanjutnya.

Sementara untuk santapan sahur, Vindex merekomendasikan makanan berkuah seperti sup dan soto yang tidak terlalu banyak mengandung minyak dan santan. "Kalau sahur makanannya sedikit lebih light dan bila makanan terlalu berminyak, bisa cepat enek," tutupnya.

Terpopuler