Pertamina Siagakan Outlet BBM Hadapi Lebaran

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Djibril Muhammad

Selasa 09 Jul 2013 19:06 WIB

pertamina pertamina

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – PT Pertamina (Persero) akan menyiagakan 6.450 unit outlet penyalur bahan bakar minyak (BBM) dan 2.346 armada tangki BBM untuk melayani kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran.

Perusahaan pelat merah itu juga mengeluarkan Pertamax dengan kemasan kaleng dengan ukuran lima, 10, dan 20 liter untuk persediaan pelanggan.

VP Corporate Communication Ali Mundakir mengatakan, permintaan masyarakat akan BBM, khususnya premium, dan LPG diperkirakan akan meningkat, terutama dalam periode 15 hari sebelum dan sesudah Lebaran.

"Premium diperkirakan akan naik sekitar 14 persen dari rata-rata penyaluran harian normal menjadi sekitar 91.830 kiloliter (KL)," kata dia pada Persiapan Satgab Idul Fitri Tahun 2013 di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (9/7).

 

Menurut Ali, permintaan solar diproyeksikan turun sekitar lima persen di bawah rata-rata penyaluran normal menjadi 38.628 KL per hari. Terutama dipicu oleh berkurangnya pergerakan angkutan barang selama masa mudik Lebaran.

Peningkatan aktivitas memasak selama Ramadhan dan lebaran tahun ini akan mendongkrak permintaan LPG hingga 20 persen.

Pertamina, ia melanjutkan, sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, seperti kepolisian terkait langkah pengamanan terhadap pelaksanaan pendistribusian BBM dan LPG terkait dengan potensi kemacetan selama masa mudik Lebaran.

Dukungan yang diharapkan antara lain pengamanan objek vital penyaluran LPG baik dari instalasi terminal BBM, SPBU, jalur kereta api, jalur pipa BBM, serta pemberian prioritas terhadap mobil angkutan BBM dan LPG.

Terpopuler