Menkeu Tugaskan Wamenkeu 'Ngantor' di Pelabuhan

Red: A.Syalaby Ichsan

 Senin 08 Jul 2013 11:51 WIB

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mahendra Siregar Foto: Antara Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mahendra Siregar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan Muhamad Chatib Basri menginstruksikan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II Mahendra Siregar agar bertugas di Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai (KPU BC) Tanjung Priok, setidaknya dua hari dalam seminggu menjelang lebaran.

Hal ini dilakukan untuk menjamin kelancaran arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok menjelang bulan puasa dan lebaran, demikian siaran pers Kementerian Keuangan yang diterima di Jakarta, Senin (8/7).

Selain mengutus Wamenkeu ke Tanjung Priok, Menkeu  mengambil beberapa langkah untuk mengantisipasi meningkatnya arus barang menghadapi bulan puasa dan lebaran. 

Ia mencontohkan, KPU BC diwajibkan memberi pelayanan pemeriksaan barang sampai pukul 23.00 WIB setiap hari kerja. Mereka juga harus mengordinasikan pemangku kepentingan untuk mendukung pemeriksaan sehingga berjalan efektif.

Menkeu juga akan menambah staf di KPU BC Tanjung Priok dalam menyambut puasa dan lebaran agar pelayanan custom clearance dapat dilaksanakan dengan baik. 

Custom clearance adalah proses administrasi pengeluaran barang dari pelabuhan atau sebaliknya yang berhubungan dengan Kepabeanan dan administrasi pemerintahan.

Selain itu, sistem manajemen risiko juga akan segera disempurnakan dan diterapkan. Tidak hanya sistem, langkah sinergis antara operator pelabuhan, penyedia Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) dan pihak lain yang terkait akan difasilitasi.

Menkeu juga akan memfasilitasi proses penyelesaian terhadap kontainer yang singgah dalam jangka waktu lama di Pelabuhan Tanjung Priok dengan melibatkan berbagai pihak terkait.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X