Muslim di Desa Maluku Sudah Puasa Senin Ini

Red: Didi Purwadi

Senin 08 Jul 2013 09:39 WIB

Ramadhan Foto: IST Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Umat Islam di sejumlah desa di Pulau Ambon, Haruku, Saparua dan Seram, Provinsi Maluku, melaksanakan puasa Ramadhan lebih awal dari keputusan pemerintah yang nantinya disampaikan oleh Menteri Agama. Mereka sudah mulai berpuasa Ramadhan pada Senin (8/7) ini.

Salah seorang warga desa Kabau, Pulau Haruku, Taher Karepesina, ketika dikonfirmasi, Senin, mengatakan, awal menunaikan ibadan puasa pada Ramadhan 1434 Hijriah yang biasanya disebut "kepala puasa" ini dilaksanakan dengan makan sahur pada Senin dini hari.

"Sudah menjadi tradisi puasa lebih awal ini dengan melihat bulan sebagai warisan leluhur di Kabau," ujarnya.

Puasa lebih awal juga dilaksanakan warga Desa Wakal, Kecamatan Leihitu di Pulau Ambon, Waiputih, Pulau Seram dan Desa Sirisori Islam di Pulau Saparua.

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku, Husein Toisutta, menegaskan tidak menjadi masalah bila ada umat Muslim di daerah ini yang melaksanakan puasa lebih awal.

"MUI tetap berpatokan pada keputusan pemerintah melalui Menteri Agama. Tapi, bagi warga yang menunaikan ibadah puasa lebih awal, juga kita hargai. Itu sesuai warisan leluhur dengan berpatokan pada posisi bulan," kata Husein.

Puasa lebih awal itu juga bukan masalah dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. "Terpenting hati dari masing-masing warga Muslim untuk menunaikan puasa secara benar sesuai dengan amanah Nabi Muhammad SAW," ujar Husein.

Terpopuler