Ulama: Tradisi Balimau Bertentangan Dengan Islam

Red: Nidia Zuraya

Ahad 07 Jul 2013 17:52 WIB

Tradisi Balimau Foto: Antara/Maril Gafur Tradisi Balimau

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG AMPEK -- Ulama Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, Syawal Syuro mengatakan tradisi balimau menjelang bulan suci Ramadhan dengan mandi-mandi ke sungai harus dihindari karena bertentangan dengan nilai syariat Islam. "Umat Islam harus paham dan mengerti tentang kaidah mensucikan diri sebelum ramadhan. Mensucikan diri sendiri dirumah lebih baik jika pergi balimau dengan mandi-mandi kesungai," katanya di Simpang Ampek, Ahad (7/7).

Dia mengatakan, tradisi balimau dengan mandi bersamaan antara laki-laki dan perempuan di lokasi yang sama seperti sungai dan tempat pemandian lainnya haram dan tidak diperbolehkan dalam Islam. Budaya mandi atau balimau antar berlainan jenis harus dihilangkan karena akan menghilangkan nilai-nilai Islam itu sendiri.

"Kita sangat menyayangkan dengan tradisi balimau generasi muda saat ini tanpa mengetahui apa arti balimau sebelum bulan Ramadhan datang. Budaya balimau tersebut sangat salah dan dilarang oleh agama Islam," tegasnya.

Tradisi balimau, katanya yang dianjurkan dalam Islam adalah balimau dengan mambasuh semua tubuh dengan air dengan niat menjalankan ibadah puasa bukan mandi-mandi di sungai dengan berlainan jenis. Dia menjelaskan, pada intinya dalam balimau adalah membersihkan diri dari najis kecil dan besar dengan membasuhi seluruh tubuh beserta niat yang jelas.

"Balimau atau mandi suci merupakan hal yang sakral dalam Islam karena kita akan mamasuki bulan yang suci dan harus niat yang ikhlas. Balimau dalam Islam harus benar-benar menurut ajaran yang sudah ditentukan bukan balimau dengan mandi bersama-sama dengan lawan jenis," paparnya.

Lebih jauh dia katakan, agara generasi muda saat ini tidak melakukan balimau dengan cara yang salah dan meminta meniatkan hati menyambut bulan yang suci dengan cara yang baik dan halal. Lokasi yang biasa digunakan tempat balimau oleh warga Pasaman Barat diantaranya adalah di Batang Tongar, Pantai Sasak, Lubuak Landua dan sejumlah lokasi lainnya yang tersebar di daerah itu. "Mari persiapkan diri menghadapi bulan nan suci dengan memperbanyak beramal dan berbuat baik," kata Syawal.

Terpopuler