Semarak Ramadhan di Kampus

Red: Hafidz Muftisany

Ahad 07 Jul 2013 16:28 WIB

Masjid Kampus UGM Masjid Kampus UGM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semarak Ramadhan juga dirasakan di kampus-kampus tanah air. Ketua Jamaah Shalahuddin UGM Efri Dian Kusuma mengatakan semarak Ramadhan di Kampus (RDK) 1434 H akan dibuka, Ahad (7/7) malam di Masjid Kampus UGM.

Acara ini akan menghadirkan penceramah Ustaz Abi Makyy, Rektor UGM, Gubernur DIY dan Kapolda DIY. "Tema kita tahun ini semangat baru menuju perubahan," ujarnya saat dihubungi Republika, Ahad (7/7).

Defri menuturkan ada puluhan agenda RDK untuk menyemarakkan Ramadhan. Selain menyediakan 1000 ta'jil buka bersama setiap harinya, Masjid Kampus UGM juga akan menggelar Islamic Short Movie, Dialog Jilbab dan pagelaran seni budaya Islam bersama Emha Ainun Najib. "Selain itu dialog nasional yang menghadirkan JK, Dahlan Iskan, Mahfud MD dan Abraham Samad," ujarnya.

Ketua program Ramadhan Masjid Universitas Indonesia (UI) Yubus Daud mengungkapkan beberapa tenda dipasang di kompleks masjid untuk kenyamanan jamaah. Mengantisipasi hujan dan panas, beberapa tenda didirikan untuk menghubungkan bagian masjid satu dengan yang lain. Selain itu pelbagai program Ramadhan Masjid UI juga siap digelar. "Kita gelar Ramadhan Village. Itu acara untuk mahasiswa dari berbagai latar belakang asalnya," katanya.

Selain itu acara-acara seperi tarhib ramadhan, kajian pranikah, seminar keluarga dan buka bersama menjadi program yang dihelat tahun ini. "Kita juga undang Syekh Palestina untuk menjadi imam taraweh," tuturnya.

Masjid UI sendiri mampu menampung 1000 jamaah taraweh. Jumlah ini ujar Yubus tak akan berkurang meski mahasiswa memasuki waktu libur semester. "Banyak mahasiswa baru dan masyarakat yang ibadah di sini," akunya

Terpopuler