Ramadhan, Ini Pasar Rakyat yang Disiapkan Pemprov DKI

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih

Sabtu 06 Jul 2013 19:03 WIB

Sejumlah warga ibukota membeli aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa di Pasar Ramadhan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta, Selasa (2/8). Pasar Ramadan Benhil digelar khusus selama bulan puasa, pasar ini menjadi alternatif warga ibukota memenuhi anek Foto: Republika/Agung Sejumlah warga ibukota membeli aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa di Pasar Ramadhan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta, Selasa (2/8). Pasar Ramadan Benhil digelar khusus selama bulan puasa, pasar ini menjadi alternatif warga ibukota memenuhi anek

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ramadhan akan segara datang dalam hitungan hari. Selama bulan puasa tersebut, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar sejumlah pasar di berbagai titik. Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan DKI Jakarta Ratnaningsih mengatakan, Monas akan disulap menjadi pasar rakyat selama satu bulan penuh. Berbagai kebutuhan selama puasa dan lebaran akan dijual di pasar rakyat yang bernama Monas Fair tersebut.

Dia menambahkan, acara tersebut akan didanai dari coorporate social responsibility (CSR) swasta. "Kalau tidak ada perubahan akan dibuka mulai 10 Juli," kata Ratna, Sabtu (6/7).

Selain Monas, lanjut dia, Balai Kota DKI Jakarta juga akan disulap menjadi bazaar kuliner selama bulan suci Ramadhan. Namun khusus Balai Kota, jumlah pedagang akan dibatasi maksimal 30 orang saja. Meski digelar di Balai Kota, bazaar Ramadhan tersebut bisa dikunjungi oleh semua warga. 

Terakhir, Pemprov DKI juga akan menggelar pasar Ramadhan dalam UKM Expo di IRTI Monas. Acara tersebut akan digelar selama tiga hari, yaitu pada 18, 19, 20 Juli 2013 mendatang. Ajang ini akan diikuti oleh sekitar 200 pelaku UKM yang menyediakan berbagai kebutuhan lebaran, mulai dari fashion hingga kuliner. "Ini juga sekaligus untuk merayakan Hari Koperasi," ujarnya. 

Terpopuler