Ramadhan, Bandara Juanda akan Beroperasi 24 Jam

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Jumat 05 Jul 2013 19:22 WIB

Bandara Juanda, Surabaya Bandara Juanda, Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO--Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, menyiapkan pelayanan selama 24 jam untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah penumpang pada libur Lebaran 2013.

General Manager Angkasa Pura 1 Bandara Juanda, Trikora Harjo, Jumat (5/7) menjelaskan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan terkait rencana pengoperasian bandar udara selama 24 jam.

"Pengoperasian bandara selama 24 jam itu rencananya direalisasikan pada pertengahan Ramadhan. Saat ini, masih dalam tahap koordinasi dengan perusahaan penerbangan," ujarnya di Sidoarjo.

Kebijakan tersebut sebagai antisipasi untuk menghindari atau mencegah penumpukan calon penumpang di Bandara Juanda. "Kami juga berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan guna membahas rencana pengoperasian bandara selama 24 jam," ucapnya.

Dalam koordinasi tersebut, kata dia, Dirjen Perhubungan Udara mendorong segera direalisasikan rencana pengoperasian bandara selama 24 jam. "Makin cepat makin baik, karena saat ini jumlah penumpang di Bandara Juanda sering membeludak, utamanya pada waktu-waktu tertentu seperti hari libur," paparnya.

Data dari Angkasa Pura 1, jumlah penumpang di Bandara Juanda Surabaya sudah mencapai 16,3 juta dari kapasitas sekitar 6,5 juta orang pertahunnya. Ia juga mengemukakan, realisasi pembangunan terminal dua Bandara Juanda sudah mencapai enam puluh persen.

"Pembangunan terminal dua itu untuk mengatasi membeludaknya calon penumpang di Bandara Juanda. Kami menargetkan terminal dua tersebut beroperasi pada awal 2014," katanya.

Terpopuler