Ternate Semarakkan Ramadhan dengan 'Festival Gendang Sahur'

Red: Didi Purwadi

Jumat 05 Jul 2013 15:16 WIB

Peserta gendang sahur (ilustrasi) Foto: Republika/Ichsan Emrald Alamsy Peserta gendang sahur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, akan menyemarakkan bulan suci Ramadhan 2013 dengan menggelar Festival Gendang Sahur. Salah satu tradisi masyarakat Ternate dalam membangunkan umat muslim untuk sahur.

Wakil Wali Kota Ternate, Arifin Djafar, mengatakan 'Festival Gendang Sahur' digelar Pemkot Ternate bekerja sama dengan RRI Ternate yang tahun ini menjadi tuan rumah Pekan Tilawatil Quran RRI Tingkat Nasional pada pertengahan Ramadhan 2013 ini.

'Festival Gendang Sahur' tersebut sekaligus mempromosikan tradisi gendang sahur kepada para peserta Pekan Tilawatil Quran RRI Tingkat Nasional yang datang dari seluruh Indonesia.

Ia mengatakan 'Festival Gendang Sahur' akan digelar seusai Shalat Tarawih di halaman RRI Ternate. Oleh karena itu, acaranya tidak akan mengganggu ketenangan masyarakat muslim setempat dalam melaksanakan Shalat Tarawih.

Untuk menarik minat masyarakat ambil bagian dalam Festival Gendang Sahur tersebut, Pemkot Ternate akan menyediakan hadiah berupa bonus uang tunai dan piagam penghargaan kepada grup gendang sahur yang mampu menunjukan penampilan terbaik.

"Panitia Festival Gendang Sahur telah menetapkan sejumlah lagu islami yang wajib dinyanyikan peserta festival, seperti lagu Sajadah Panjang dari Bimbo, Marhaban Ramadhan dari Opick,'' katanya. ''Sedangkan, lagu pilihan ditentukan oleh masing-masing peserta.''

Terpopuler