Jaga Stamina Selama Ramadhan, M Ridwan Istirahat Lebih Awal

Red: Didi Purwadi

Jumat 05 Jul 2013 13:55 WIB

Muhammad Ridwan Foto: Republika/Yogi Ardhi Muhammad Ridwan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Muhammad Ridwan, winger Persib Bandung, punya kiat khusus untuk menjaga stamina dan kondisi tubuh saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Dalam wawancara dengan situs resmi Persib, pemain kelahiran Semarang itu mengaku menyiasatinya dengan istirahat lebih awal.

''(Puasa Ramadhan) mungkin akan berpengaruh karena pola makan berbeda. Tapi, dengan perbedaan itu, kita siasati dengan istirahat lebih awal. Insya Allah tidak terganggu,'' kata M Ridwan.

Ridwan sejauh ini sangat tajam dengan mencetak 10 gol untuk Persib Bandung. Dengan koleksi golnya tersebut, Ridwan menjadi pencetak gol tersubur kedua setelah Sergio van Dijk dengan 18 gol.

Pemain berusia 32 tahun ini pun dikenal dengan selebrasi 'sujud berjamaah'. Tiap kali menggetarkan gawang lawan, Ridwan langsung memimpin rekan setimnya melakukan selebrasi 'sujud berjamaah'.

Masih terkait bulan suci Ramadhan, Ridwan mengaku tidak memiliki menu makanan khusus. Dia percaya manajemen tim pasti menyediakan menu yang sarat gizi.

''Kalau menu khusus tidak ada. Apa saja yang dihidangkan itu kita santap,'' jawab Ridwan ketika ditanya apakah ada menu makan khusus di setiap bulan suci Ramadhan.

''Mungkin yang dihidangkan di tim itu juga sudah dikonsultasi dokter tim,'' katanya. ''Jadi, gizi dan segala macam sudah terjaga.''

Terpopuler