Mentan: Harga Pangan Tinggi Akibat Ulah Pedagang

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: A.Syalaby Ichsan

Jumat 05 Jul 2013 06:42 WIB

Menteri Pertanian Suswono Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Menteri Pertanian Suswono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian (Mentan) Suswono meminta pedagang agar realistis menetapkan harga jual. Tingginya harga bahan pangan saat ini menurutnya akibat ulah pedagang.

"Adanya ekspektasi membuat pedagang cenderung meningkatkan harga secara tidak wajar, apalagi dengan adanya kenaikan harga bbm," ujar Suswono dalam konferensi pers mengenai ketersediaan dan harga pangan dalam menghadapi puasa dan Hari Raya Idul Fitri 2013 di Kantor Kementerian Pertanian (Kementan) Kamis (4/7). 

Faktor distribusi juga berperan dalam menciptakan harga tinggi. Hambatan transportasi antara lain karena perbaikan jalan, pasar tumpah, pungutan tidak resmi dan tidak lancarnya proses penyeberangan. 

Pemerintah dikatakan telah melakukan sederet langkah antisipasi agar harga kembali normal. Caranya dengan mengintensifkan pemantauan pasokan dan harga pangan.

Selain itu pemerintah  memfasilitasi pelaksanaan pasar murah, operasi pasar, dan penyediaan bahan pangan murah. Khusus untuk DKI Jakarta, pemerintah daerah akan mensubsidi sebesar Rp 20 ribu per kilogram daging yang akan dibeli masyarakat. 

 

 

 

Terpopuler