Mentan: Pasokan Pangan untuk Puasa dan Lebaran Aman

Red: A.Syalaby Ichsan

Kamis 04 Jul 2013 13:13 WIB

Mentan Suswono saat meninjau rumah pemotongan hewan di Manado, Kamis malam (2/5) Foto: Kementan Mentan Suswono saat meninjau rumah pemotongan hewan di Manado, Kamis malam (2/5)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian Suswono memastikan pasokan bahan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri aman. 

"Data baik laporan dalam rapat Menko Perekonomian atau rapat pimpinan ketahanan pangan, komoditas kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri aman," kata Suswono sebelum rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (4/7).

Namun, ia mengakui, masih ada beberapa komoditas bahan pokok yang perlu ditambah pasokannya. "Yang jelas Ramadhan dan Idul Fitri tidak terlalu mengkhawatirkan," kata Suswono. 

Kementerian Pertanian siang ini akan mengundang pemangku kepentingan terkait untuk memastikan keamanan pasokan bahan pokok selama bulan puasa sampai Lebaran.

"Kami akan undang pelaku usaha ke Kementan jam 14.00 WIB. Kami ingin tahu persis apa yang terjadi di lapangan, misalnya mempertanyakan kenaikan harga daging ayam," katanya.

Dari pertemuan itu, akan terlihat rantai pasokan. Menurutnya, siapa yang mempermainkan akan kelihatan. "Nanti mencarikaan solusi tepat, jangan sampai digunakan untuk mencari keuntungan. Contohnya bawang putih kemarin, masa bisa naik, itu kan mencurigakan," kata Suswono.

Terpopuler