Ramadhan di Islamic Centre, Dari Tarhib Hingga I'tikaf

Rep: Mg15/ Red: A.Syalaby Ichsan

Jumat 05 Jul 2013 08:00 WIB

Sholat tarawih di masjis Islamic Centre Jakarta Utara Foto: REPUBLIKA Sholat tarawih di masjis Islamic Centre Jakarta Utara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Dalam menyambut bulan Ramadhan 1434H, Jakarta Islamic Centre merupakan pusat aktivitas keumatan di Jakarta, akan mengadakan beberapa kegiatan.

JIC mengadakan berbagai kegiatan amaliyah Ramadhan sebagi bentuk upaya “down to earth” membumikan visi peradaban Islam. 

Tujuan dari program kegiatan ini adalah agar kaum muslim dapat meningkatkan Iman dan Taqwa agar terbentuk pribadi muslim yang kaffah.

Beberapa kegiatan ibadah yang akan diadakan pada bulan suci Ramadhan di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre ini adalah: 

1. Tarhib Ramadhan 1434H

Diselenggarakan pada tanggal 8 Juli 2013, 2 hari menjelang puasa Ramadhan 1434H, dalam bentuk kegiatan orasi panggung dan hiburan seni Islami serta lomba abang none cilik di depan Masjid Raya JIC sebagai penyemarak dengan hadiah uang tunai bagi para pemenang lomba.

2. Jambore Anak

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 29-30 Juni 2013 adalah suatu kegiatan dalam upaya menguatkan aqidah anak usia Sekolah Dasar dan sederajat usia anak 11-13 tahun yang dikemas dalam bentuk Jambore Ramadhan. Materi yang diberikan adalah motivasi, spiritual, out bond dan mind mapping for kids.

3. Kajian Metodologi Penetapan Awal Ramadhan & Idul Fitri

Kegiatan ini terdiri dari diklat dan sosialisasi perhitungan hilal dan bulan-bulan Islam berkerjasama dengan Rukatul Hilal Indonesia (RHI) dan Nurul Islam Astronomi (NURIS ASTRO). Kajian Metodologi ini akan diselenggarakan pada hari Jum’at, 5 Juli 2013 dan pelatihannya digelar pada Sabtu, 6 Juli 2013. 

4. Workshop Penulisan Karya Fiksi dan Non Fiksi Islami

Kegiatan ini berbentuk pembinaan bagi para calon penulis dalam bentuk pembelajaran penulisan selama tiga hari pada Jum’at – Ahad, 5 – 7 Juli 2013 jam 09.00 – 17.00 WIB di Ruang Kuliah DKM Lantai II dan pendampingan penulisan selama tiga hari pada Jum’at – Ahad, 12 – 14 Juli 2013 jam 14.00 – 17.30 WIB. Kemudian sebagai bentuk apresiasi terhadap para peserta penulisan karya fiksi dan non fiksi Islami ini akan digelar workshop penulisan yang pemenangnya akan diumumkan pada peringatan malam Nuzulul Qur’an 1434H. 

5. SIYADHU #5 (Sanlat I’tikaf Yatim Dhuafa) ke-5

Pelatihan bagi anak yatim, piatu dan dhuafa usia 10-15 tahun yang berada di wilayah Prov. DKI Jakarta. Kegiatan ini tidak hanya memberikan santunan berupa uang, namun juga menyentuh sisi spritualitis anak dengan pembekalan pelatihan selama sehari semalam pada Sabtu-Ahad, 27-28 Juli 2013 dengan materi pelatihan: Character Buliding, Creative for Kids, English Fun for Kids, Birrul Walidain dan Muhasabah dengan penyampaian yang atraktif diramaikan dengan hadiah-hadiah menarik pada setiap sesinya. 

6. Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Nuzulul Quran

Untuk semakin menumbuhkan kecintaan umat Islam terhadap kitab sucinya, diadakan peringatan turunnya  Al Qur’an pada malam ke -17 bulan Ramadhan 1434H. Diselenggarakan ba’da shalat Taraweh, dengan mengundang penceramah agama dan menampilkan puitisasi Al Qur’an. Tausiyah Insya Allah akan disampaikan oleh K.H. Drs. Alifuddin El-Islamy

7. Pesantren Kilat Remaja

Banyaknya remaja muslim yang belum mengerti tentang ajaran agamanya mendorong JIC untuk memberikan perhatian khusus kepada mereka dengan mengadakan Pesantren Kilat Remaja selama dua hari. Pada hari pertama peserta diprioritaskan 200 pelajar SLTP di DKI Jakarta, dan pada hari kedua peserta diprioritaskan 200 pelajar SLTA di DKI Jakarta. Materi yang disampaikan yaitu, Brave to Dream, Birrul Walidain, dan Muhasabah

8. I’tikaf dan I’tikaf Kubra 27 Ramadhan

Kegiatan menyemarakkan dan menghidupkan masjid pada sepuluh hari terakhir Ramadhan merupakan kegiatan yang penuh antusias dari kalangan muslimin di sekitar wilayah Jakarta Islamic Centre. Kegiatan ini disemarakkan dengan berbagai kajian keislaman. Puncak I’tikaf dalam rangka menghidupkan Sepuluh Hari Terakhir Ramadhan ( Ihyau ‘Asyrul Awakhir Ramadhan). Diselenggarakan pada malam 27 Ramadhan dengan sahur bersama yang diikuti oleh 5000 jama’ah.