Ramadhan Berbudaya di Masjid Cut Meutia

Rep: Mg15/ Red: A.Syalaby Ichsan

Selasa 09 Jul 2013 06:00 WIB

Masjid Cut Meutia di Jakarta Pusat. Foto: Republika/Agung Supriyanto Masjid Cut Meutia di Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Masjid Cut Mutia akan mengadakan berbagai kegiatan untuk menghadapi Ramadhan.  Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas dalam berdakwah serta pengabdian pada agama, umat dan bangsa.

Gema Ramadhan RICMA 1434H akan diisi tak hanya dengan acara religi. Ada pula kegiatan sosial, kesenian dan kebudayaan yang akan memeriahkan Ramadhan bertema 'Ramadhan Berbudaya'.

Tema ini diangkat oleh Remaja Masjid Cut Meutia untuk memberikan pengabdian yang sepenuhnya kepada Bangsa dan Negara Indonesia.

Pengurus RICMA mengangkat tema ini  karena Indonesia merupakan negara yang memiliki jutaan budaya didalamnya. Oleh karena itu, di bulan ramadhan inilah, momentum yang tepat untuk menunjukan berbagai budaya yang disajikan oleh RICMA( Remaja Islam Masjid Cut Meutia)

Program Acara

Safari Ramadhan

Waktu: Selama Bulan Ramadhan, 9-29 Juli 2013

Acara ini merupakan salah satu acara dari rangkaian Gema Ramadhan RICMA 1434H yang bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi dengan pihak-pihak terkait yang bertujuan dan bernafaskan sama dalam membangun agama Islam.

 

Ta'jil On The Road 

Bundaran Hotel Indonesia & Bundaran Senayan

Kegiatan ini adalah kegiatan yang membagikan makanan pembuka puasa kepada para pengguna jalan dan dilaksanakan dengan bekerjasama dengan organisasi kepemudaan yang ada di DKI Jakarta. Acara ta'jil on the road ini juga bertujuan untuk mempromosikan seluruh rangkaian kegiatan Gema Ramadhan dan diharapkan partisipasi warga untuk menghadirinya.

 

RICMA Camp

Masjid Cut Meutia & Hotel Sofyan, 26-28 Juli 2013

RICMA Camp merupakan suatu kegiatan yang memberikan pelatihan dan sebagai wadah untuk menciptakan kader baru yang berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan berkepribadian Islam, khususnya Remaja Islam Masjid Cut Meutia di masa mendatang.

 

RICMA Conference

Masjid Cut Meutia, 27 Juli 2013

Merupakan kegiatan diskusi bersama beberapa pemuka agama dalam bidangnya yang membahas solusi bagi isu - isu besar baik nasional maupun internasional yang dirangkaikan dengan peringatan Nuzulul Qur'an 1434H dan dikemas dalam bingkai Islami.

RICMA Fair

Masjid Cut Meutia, 2 Agustus 2013

Di RICMA Fair ini, akan ada pasar rakyat yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat dengan harga yang murah, sekaligus membantu dan memudahkan masyarakat khususnya di daerah Menteng untuk mendapatkan kebutuhannya menjelang Hari Raya. 

Malam Budaya Ricma

Masjid Cut Meutia , 3 Agustus 2013

Sebagai bagian dari Gema Ramadhan 1434 H serta sebagai puncak dari seluruh rangkaian acara selama bulan ramadhan. Kegiatan ini menampilkan unsur-unsur kebudayaan daerah yang ada di Indonesia dengan di tampilkan secara modern dan menaik tanpa menghilangkan kebudayaan aslinya.