PMI Pangkalpinang Butuh Stok 600 Kantong Darah Selama Ramadhan

Red: Didi Purwadi

Rabu 03 Jul 2013 06:27 WIB

Donor darah. Foto: Republika/Adhi Wicaksono Donor darah.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Palang Merah Indonesia Kota Pangkalpinang membutuhakan 600 kantong darah selama bulan Ramadhan untuk menyuplai persediaan rumah sakit dan kilin di daerah itu.

"Kebutuhan stok darah di rumah sakit dan klinik daerah ini rata-rata 20 kantong darah per hari untuk media pengobatan dan kebutuhan medis lainnya," kata Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang, Wahyono, seperti dikutip Antara.

Wahyono menjelaskan intensitas kegiatan donor darah yang diselenggarakan PMI Kota Pangkalpinang selama bulan Ramadhan akan berkurang seiring dengan pelaksanaan ibadah umat Islam tersebut.

"Saat ini, kami hanya memiliki stok darah sekitar 200 kantong sehingga tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit dan klinik di daerah ini hingga Idul Fitri," ujarnya.

Pihaknya akan meningkatkan kegiatan donor darah khususnya dengan mitra PMI di daerah itu menjelang puasa untuk mempersiapkan stok darah hingga perayaan Idul Fitri.

"Sejak beberapa waktu lalu, kami sudah melakukan sosialisasi dan kegiatan donor daerah kepada masyarakat di daerah ini," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan mengajak umat lain yang tidak melakukan ibadah puasa ikut kegiatan donor darah untuk mencegah kelangkaan dan kehabisan stok darah di daerah itu.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan tersebut, kami mampu memenuhi kebutuhan stok darah bagi rumah sakit dan klinik di daerah ini," ujarnya.

Terpopuler