Bacaan Islam Jadi Kebutuhan Saat Ramadhan

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Dewi Mardiani

Rabu 19 Jun 2013 22:40 WIB

Buku-buku fatwa (ilustrasi). Foto: Republika/Agung Supri Buku-buku fatwa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Penerbit Cakrawala, Khaerudin, menilai bacaan Islam menjadi kebutuhan tersendiri bagi umat Muslim saat Ramadhan. Hal inilah yang menurutnya menjadi salah satu penyebab meningkatnya penjualan buku-buku Islam di bulan suci.

Menjelang Ramadhan masyarakat umumnya mempersiapkan diri dengan membeli berbagai bacaan tentang Ramadhan. "Alquran, buku-buku rujukan dan buku mengenai penghitungan zakat biasanya penjualan meningkat cukup tajam," ujarnya saat dihubungi, Rabu (19/6).

Dia mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya penjualan buku-buku Islam meningkat hingga 30 persen. Penjualan buku mencapai puncaknya sepekan menjelang Ramadhan dan sepekan menjelang Idul Fitri.

Semua jenis buku bertemakan Islam laku keras di pasaran. Secara umum, buku anak-anak menempati ranking pertama penjualan buku, disusul oleh buku-buku agama. Apalagi saat ini, bukan hanya penerbit buku agama saja yang menerbitkan buku Islam. Penerbit buku umum atau pelajaran, seperti Gramedia dan Erlangga juga mulai melirik tema buku ini.

Cakrawala mengikuti Bazaar Ramadhan yang diselenggarakan Republika pada 10-21 Juni di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah. Selain itu, penerbit buku agama ini juga berpartisipasi dalam pameran buku oleh Ikapi DKI Jakarta di Palembang.

Terpopuler