73 Persen Pemudik Sepeda Motor Telah Kembali ke Pulau Jawa

Rep: Muhammad Ghufron/ Red: Hazliansyah

Sabtu 25 Aug 2012 23:54 WIB

Ribuan pemudik bermotor antre masuk ke dalam kapal di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Ahad (4/9). Puncak arus balik Lebaran dari Bakauheni menuju pelabuhan Merak, Banten, terjadi Ahad. Foto: Republika/Agung Supriyanto Ribuan pemudik bermotor antre masuk ke dalam kapal di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Ahad (4/9). Puncak arus balik Lebaran dari Bakauheni menuju pelabuhan Merak, Banten, terjadi Ahad.

REPUBLIKA.CO.ID, BAKAUHENI -- Memasuki H+5 Lebaran 2012 pemudik bersepeda motor yang kembali menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pulau Jawa telah mencapai sekitar 73 persen.

Data dari PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Bakauheni menyebutkan, hingga Sabtu (25/8) malam, sekitar pukul 20.00 WIB, jumlah pemudik sepeda motor yang telah kembali memasuki Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak, Banten, sebanyak 44.180 unit. Selisih 16.250 unit dari arus mudik Pelabuhan Merak.

Namun jumlah itu diperkirakan terus melonjak hingga esok hari.

"Kemungkinan terus melonjak," kata Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Bakauheni, Heru Purwanto.

Sementara untuk kendaraan roda empat pemudik dari Pelabuhan Bakauheni sudah mencapai 70 persen, yakni sebanyak 38.966 unit.

Terpopuler