Jangan Remehkan Bawang Merah, Banyak Manfaatnya Lho

Red: Taufik Rachman

Sabtu 25 Aug 2012 17:42 WIB

Bawang merah (ilustrasi) Foto: Wordpress.com Bawang merah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Bawang dikenal sebagai bumbu dapur yang menyebabkan bau tak sedap pada mulut  bila dikonsumsi secara mentah.

Namun, bawang mentah ternyata memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Sebagai sumber zat quercetin, atau sejenis antioksidan, bawang mampu memberikan anti-inflamasi, anti-biotik, serta anti-alergi.

Quercetin yang terkandung di dalam bawang inilah yang menyebabkan bawang cukup ampuh untuk melawan kanker.

Bawang juga berfungsi untuk menyehatkan jantung, karena zat yang terkandung pada bawang ampuh memberikan efek samping pada darah.

Zat tersebut membantu mengencerkan darah dan mencegah terjadinya pembekuan darah. Oleh sebab itu, bawang ampuh untuk mengurangi kadar koleserol jahat yang berasal dari lemak trans.

Bawang yang bersifat anti-spasmodik, efektif mencegah pembentukan bahan kimia yang membuat otot-otot bronkial mengejang, sehingga mempersempit saluran pernapasan.

Kejadian ini dikenal dengan nama penyakit asma. Tidak sampai di situ, bawang merupakan sumber bahan pangan yang kaya akan kandungan belerang.

Belerang yang mengandung asam amino mengikat racun logam seperti merkuri, lalu membawa mereka dan membuangnya dari dalam tubuh.

Selain belerang, bawang juga mengandung vitamin C yang juga memiliki sifat detoksifikasi. Oleh sebab itu, bawang memiliki manfaat sebagai sarana untuk detoksifikasi sistem metabolisme pada tubuh.

Terpopuler