Puncak Arus Balik Terminal Pulogadung H+4 dan H+5

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Sabtu 25 Aug 2012 13:52 WIB

  Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan bus di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (16/8).  (Prayogi) Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan bus di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (16/8). (Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Penumpang arus balik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur terus berdatangan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh, wilayah Pulau Jawa sampai Bima. Kepala Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Pulogadung memprediksi jumlah kedatangan penumpang arus balik akan terus ramai berdatangan hingga puncaknya nanti yang diprediksi terjadi pada H+4 dan H+5.

Kepala Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Pulogadung, H. Muhammad Nur mengatakan, pada H+4 pukul 8 pagi sampai pukul 1 siang tercatat jumlah penumpang yang datang mencapai 5.987 penumpang dengan 171 bus. Sedangkan jumlah bus yang datang pada H+3 sebanyak 377 bus dengan 11.543 penumpang.

Sedangkan pada hari sebelumnya, atau H+2 tercatat jumlah bus yang tiba sebanyak 308 bus dengan 7.292 penumpang, dan pada H+1 bus yang tiba sebanyak 303 dengan 8.027 penumpang "dilihat datanya statis, kita belum bisa memastikan angka arus balik tahun ini lebih besar dari tahun kemarin" ujar Nur, Jumat (24/8).

Berdasarkan data arus balik dari Terminal AKAP Pulogadung, puncak arus balik tahun lalu terjadi pada H+4 dengan jumlah penumpang yang tiba mencapai 24.597 dengan 634 bus.

 

Menurut H.M.Nur untuk akumulasi data keseluruhan H+4 akan keluar pada besok, Sabtu pagi. Jadi mengenai kenaikan atau penurunan arus balik di Terminal Pulogadung untuk sementara belum bisa diprediksi, sampai arus balik selesai.

"Seandainya terjadi gangguan atau hambatan di perjalanan, ini juga akan berpengaruh terhadap sirkulasi masuknya kendaraan kedalam terminal," tambahnya.