Aturan KRL tak Berhenti di Senen-Gambir Diperpanjang

Rep: Umi Lailatul/ Red: Dewi Mardiani

Kamis 23 Aug 2012 16:45 WIB

Kereta api jabodetabek Foto: agung fatma Kereta api jabodetabek

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama arus mudik dan balik Lebaran 1433 H, kereta api listrik (KRL) tidak berhenti di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Pemberlakuan ini berlaku hingga tanggal 31 Agustus 2012 mendatang. Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi 1 Jakarta, Mateta Rijalulhaq, menjelaskan kebijakan tersebut.

Dikatakannya, kebijakan itu tadinya hanya berlaku hingga 23 Agustus di Stasiun Gambir dan 25 Agustus 2012 di Stasiun Pasar Senen. Namun kebijakan ini diperpanjang hingga akhir Agustus 2012 sehingga KRL akan tetap melaju hingga Stasiun Jakarta Kota.

Mateta menambahkan, kebijakan ini diterapkan karena arus penumpang kereta jarak jauh saat ini masih tinggi. ‘’Selain itu, kita juga menerapkan sistem boarding penumpang kereta jarak jauh sesuai dengan identitas,‘’ kata dia, Kamis (23/8).

Sementara itu, untuk arus penumpang di wilayah Jabodetabek dan Banten masih cukup ramai. Karena itu, untuk meningkatkan pelayanan, PT KAI menambah perjalanan Kereta Bumi Geulis Tujuan Bogor-Sukabumi hingga 29 Agustus 2012 mendatang. Sedangkan untuk penambahan perjalanan kereta Rangkas Jaya, penambahan 14 perjalanan KRL lintas Bogor-Jakarta diperpanjang hingga 31 Agustus mendatang.

Langkah ini, lanjut Mateta, merupakan upaya untuk mendukung pelayanan kepada penumpang. ‘’Kita melakukan perpanjangan ini untuk mendukung pelayanan kepada penumpang kereta api,’’ ujar dia.

Terpopuler