Pagi Ini Pelabuhan Bakauheni Lengang

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Hazliansyah

Kamis 23 Aug 2012 10:39 WIB

Antre di Bakauheni Antre di Bakauheni

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Arus balik penumpang pejalan kaki dan kendaraan yang melewati Pelabuhan Bakauheni (Lampung) tujuan Merak (Banten) terlihat lengang pada Kamis (23/8) pagi.

Arus kendaraan pribadi dan bus penumpang yang menuju Pelabuhan Bakauheni dari kota Bandar Lampung, sudah tampak lengang pada pagi ini. Sementara kendaraan truk angkutan barang sudah mulai tampak setelah sebelumnya dilarang beroperasi menyerang Selat Sunda.

Beberapa truk barang khususnya angkutan sembako mulai memasuki kapal feri PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP).

Hal serupa juga terjadi dari arus balik yang datang di Pelabuhan Bakauheni dari Pelabuhan Merak. Kendaraan pribadi yang melintas di jalan lintas Sumatra ruas Jl Soekarno-Hatta kota Bandar Lampung, dan penumpang pejalan kaki yang tiba di Terminal Rajabasa, pada malam hari meningkat, namun pada pagi hari saat pegawai masuk kerja hari pertama setelah lebaran sudah tampak lengang.

Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Bakauheni Lampung, Yanus Lantenga, menyatakan peningkatan arus kendaraan pribadi, bus, dan penumpang pejalan kaki, sudah terlihat sebelum hari kerja, yakni Rabu (22/8) malam. "Hari kerja pertama sudah sepi," ujarnya.

PT ASDP memprediksi peningkatan arus balik akan terjadi lagi pada Sabtu (25/8) malam dan Ahad (26/8) malam. Hal ini terkait dengan berakhirnya masa liburan sekolah. Pihak ASDP akan menyiapkan kapal feri tambahan bila terjadi lonjakan penumpang pada hari tersebut.

Terpopuler