Selama Musim Mudik Maskapai Naikkan Harga Tiket

Red: Heri Ruslan

Rabu 22 Aug 2012 18:54 WIB

Bandara Supadio Pontianak Foto: indonesiabox.com Bandara Supadio Pontianak

REPUBLIKA.CO.ID,  SUNGAI RAYA -- Sejumlah maskapai penerbangan yang ada di bandara Supadio Pontianak menaikkan harga tiket hampir menyentuh batas atas harga tiket yang telah ditentukan pemerintah saat musim mudik Lebaran tahun ini.

"Untuk harga tiket jurusan Pontianak-Jakarta memang mengalami keniakan dibadning hari biasa di mana setiap maskapai menjual tiket dengan kisaran harga Rp1,1 juta hingga Rp1,2 juta," kata Kepala Dinas Operasi PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak, Syarif Usmulyani, di Sungai Raya, Rabu.

Menurutnya, kenaikan harga tiket tersebut lumrah terjadi saat perayaan hari besar agama, maupun masa libur sekolah. Namun, dia menyatakan sejauh ini tidak ada maskapai yang menjual tiket melebih tarif atas harga tiket seperti yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Dia menjelaskan, kenaikan harga tiket tersebut mulai dilakukan oleh setiap maskapai sejak H+3 lebaran, di mana pada Sabtu kemarin, harga tiket sudah menyentuh angka Rp1,1 juta.

"Sedangkan untuk hari ini, sejak pagi tadi harga tiket sudah mencapai Rp1,2 juta. Dari enam maskapai yang ada di Bandara Supadio, hanya Garuda yang tidak menaikkan harga tiketnya," katanya.

Usmulyani juga mengatakan, untuk arus kedatangan dan keberangkatan penumpang setelah empat hari Lebaran di Bandara Udara Supadio masih stabil dengan jumlah peningkatan penumpang 15 hingga 17 persen.

"Hingga hari ini, arus mudik keberangkatan dan kedatangan penumpang masih stabil, peningkatannya juga masih menipis," tuturnya.

Menurutnya, sejauh ini pihaknya juga belum mendengar keluhan dari masyarakat pegguna jasa penerbangan itu.

"Sepertinya berbagai persiapan yang telah dilakuka PT. Angkasapura dan maskapai penerbangan sudah berjalan dengan baik, sehingga tidak ada komplain dari penumpang," tuturnya.

Kalaupun nantinya ada komplain dari penumpang atas layanan bandara itu, dia menyarankan agar bisa memberikan pengaduan pada posko Lebaran yang telah disiapkan oleh PT. Angkasa Pura II Cabang Kalimantan Barat.

Dia tidak ingin ada penumpang yang merasa tidak nyaman dengan pelayanan yang ada. "Hal ini kita lakukan untuk memperbaiki proses layalnan kepada masyarakat dan citra Bandara Supadio sendiri," katanya.

Terpopuler