Pemudik Bersepeda Motor Pilih Pulang Lebih Cepat

Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 22 Aug 2012 10:20 WIB

Ribuan pemudik bermotor antre masuk ke dalam kapal di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Ahad (4/9). Puncak arus balik Lebaran dari Bakauheni menuju pelabuhan Merak, Banten, terjadi Ahad. Foto: Republika/Agung Supriyanto Ribuan pemudik bermotor antre masuk ke dalam kapal di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Ahad (4/9). Puncak arus balik Lebaran dari Bakauheni menuju pelabuhan Merak, Banten, terjadi Ahad.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Sejumlah pemudik dari Lampung yang berlebaran di Jakarta dan Bodetabek memilih kembali usai Lebaran lebih cepat, agar terhindar dari kemacetan dan kepadatan penumpang di kapal Penyeberangan Merak, Banten ke Bakauheni, Lampung.

Sukri, warga Bandarlampung saat dihubungi Rabu (22/8) mengatakan sudah kembali dari Jakarta, setelah berlebaran dan bersilaturahmi dengan keluarga di sana. Dia berboncengan dengan salah satu anak lelakinya menggunakan sepeda motor dari Bandarlampung beberapa hari sebelum Lebaran.

Sehari setelah Idul Fitri, dia memutuskan untuk segera pulang lagi ke Lampung, dengan menggunakan sepeda motor. "Perjalanan lancar dan aman, tidak ada kemacetan dan gangguan apa pun," kata dia lagi.

Beberapa pemudik bersepeda motor lainnya asal Bandarlampung dan daerah lain di Lampung juga mengaku sengaja memilih kembali lebih cepat, agar terhindar dari puncak kepadatan arus lalu lintas dan arus penumpang yang diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan ini.

Pemudik para pegawai pemerintah (PNS) diperkirakan sudah kembali ke tempat tinggal masing-masing pada Kamis (23/8), sesuai akhir masa liburan cuti bersama Lebaran tahun ini. Kecuali beberapa PNS yang menjalani cuti atau izin menambah waktu liburan usai Lebaran kali ini.

Pemudik kalangan pelajar dan mahasiswa maupun pekerja swasta umumnya, diperkirakan baru akan mengalir melintasi Penyeberangan Bakauheni, Lampung dan Merak, Banten pada akhir pekan ini, mengingat Senin (27/8) sudah harus masuk kerja kembali.

Terpopuler