Lancarkan Arus Balik, ASDP Kerahkan Sukarelawan

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Rabu 22 Aug 2012 06:58 WIB

Ribuan pemudik bermotor antre masuk ke dalam kapal di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Ahad (4/9). Puncak arus balik Lebaran dari Bakauheni menuju pelabuhan Merak, Banten, terjadi Ahad. Foto: Republika/Agung Supriyanto Ribuan pemudik bermotor antre masuk ke dalam kapal di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Ahad (4/9). Puncak arus balik Lebaran dari Bakauheni menuju pelabuhan Merak, Banten, terjadi Ahad.

REPUBLIKA.CO.ID, BAKAUHENI -- PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni mengerahkan sebanyak 78 relawan dari masyarakat sipil. Mereka bertugas membantu melancarkan arus arus balik Idul Fitri di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Manajer Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Selasa (22/8) , menjelaskan bahwa para relawan itu direkrut dari organisasi kepemudaan, seperti Karang Taruna yang berada di sekitar pelabuhan tersebut.

Para relawan yang sebagian besar adalah remaja putri itu akan diperbantukan untuk melayani pemudik pejalan kaki di depan loket pembelian tiket dan pintu gerbang tiket elektronik selama arus balik berlangsung.

Mereka akan bertugas memberikan pelayanan dengan mengarahkan para pemudik pejalan kaki ke loket pada setiap jalur antrean loket, serta membantu pejalan kaki membuka pintu gerbang dengan tiket elektronik tersebut. Layanan itu diberikan mengingat sampai saat ini sebagian pemudik masih bingung melakukannya.

"Mereka terbagi dalam dua 'shift' setiap hari, untuk melancarkan arus balik," ujar Heru.

Dia menyatakan pada Lebaran tahun lalu perekrutan relawan itu juga sudah ada, namun pada Lebaran tahun ini dioptimalkan lagi guna melancarkan arus mudik dan balik karena antrean penumpang diperkirakan akan sangat panjang.

"Kami harapkan dengan adanya tim relawan ini, arus balik pejalan kaki dapat lebih lancar dan tertib saat antre membeli tiket elektronik," Heru menambahkan.

Terpopuler