Alhamdulillah, Zakat di Baznas Naik 35 Persen

Rep: Fenny Melisa/ Red: Hafidz Muftisany

Selasa 21 Aug 2012 21:29 WIB

Zakat (ilustrasi). Foto: wordpress.com Zakat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Perolehan zakat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Ramadhan 1433 H  mengalami ke naikan 35 persen jika dibandingkan Ramadhan tahun lalu.

Ketua BAZNAS, Didin Hafidhudin menyatakan BAZNAS belum mengeluarkan laporan resmi mengenai perolehan zakat tahun ini secara detail.

"Akan tetapi dari data-data  yang saya peroleh melalui sms pengurus BAZNAS di pusat maupun di daerah beserta Lembaga Amil Zakat (LAZ),  alhamdulillah terdapat kenaikan yang cukup signifikan," ujar Didin Selasa (21/8).

Didin berharap hingga  minggu depan masih terjadi pergerakan kenaikan perolehan dana. Menurutnya, gal tersebut adalah salah satu indikasi penting kepercayaan masyarakat pada amil zakat semakin menguat.

 

"Mudah-mudahan dengan pemanfaatan teknologi dan kerjasama semua pihak termasuk kerjasama antara Badan Amil Zakat (BAZ) dengan LAZ akan semakin optimal dalam hal penghimpunan dan pendayagunaan zakat bagi kesejahteraan kaum dhuafa," tutur Didin.

Sementara itu, Direktur Pelaksana BAZNAS, Teten Kustiawan menambahkan untuk besaran dana yang disalurkan selama Ramadhan 1433 H berbentuk program reguler maupun event penyaluran Ramadhan meningkat sekitar 100%.

Program reguler seperti  Konter Layanan Mustahik, Dana Pendidikan Anak Negeri, Satu Keluarga Satu Sarjana, Baitul Qirodh Baznas, Rumah Sehat Baznas (Jakarta, Yogya, Jatim, dan Sulsel), dan Zakat Community Development.

Sedangkan. dalam bentuk event Ramadhan seperti Wedding on The Street - Pelaminan Nusantara, Buka Bersama 12.000 Anak Yatim - Dhuafa, Orphan Ship Camp, Java Overland, dan berbagi di 'Idul Fitri untuk wilayah tertinggal