Ribuan Warga Berebut Zakat di Blitar

Red: Hazliansyah

Rabu 15 Aug 2012 16:51 WIB

  Warga mengantre saat pembagian zakat. Foto: Antara/Yudhi Mahatma Warga mengantre saat pembagian zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- Aksi saling dorong mewarnai pembagian zakat di Kota Blitar, Rabu. Sekitar 4.000 warga saling berdesakkan berebut zakat mal atau zakat harta benda berupa paket bahan pokok yang dibagikan oleh seorang dermawan bernama Mohammad Samanhudi Anwar di Kota Blitar, Rabu.

Dalam pembagian itu warga terlibat saling dorong. Mereka terlihat tidak sabar dan ingin mengambil paket sembako. Sejumlah anak kecil bahkan terjepit di antara kerumunan orang dewasa.

Beruntung, petugas yang memang sudah berjaga di lokasi tersebut dengan sigap mengatur dan meminta agar warga tidak saling berdesakan. Pembagian akhirnya bisa dilakukan dengan tertib.

Suminah, salah seorang warga dari Kota Blitar mengatatakan sengaja datang ke rumah dermawan itu untuk mendapatkan paket bahan pokok. Ia diminta datang mengambil paket yang sudah disiapkan oleh panitia, setelah sebelumnya dihubungi oleh perangkat.

"Saya diminta datang oleh perangkat. Saya cukup terbantu, karena paket yang diberikan adalah bahan pokok, sementara saat ini harga bahan pokok sudah naik, jadinya bisa menghemat untuk pengeluaran," kata Suminah.

Ia mengatakan, rencananya paket itu untuk keperluan keluarganya. Beras yang diberikan akan dimasak dan digunakan untuk buka bersama dengan keluarganya.

Isi dari paket tersebut di antaranya adalah beras, minyak goreng, gula pasir, teh, serta sejumlah kue. Paket itu diambil dari panitia dengan menukar kupon yang telah dibagikan oleh petugas.

Sementara itu, Samanhudi yang ditemui mengatakan kegiatan itu memang sengaja dilakukan oleh keluarga besarnya. Hal ini merupakan rutinitas yang memang dilakukan setiap tahun.

"Kami bertujuan sosial dan membantu warga. Kami ingin meringankan beban mereka dengan memberikan bantuan ini," kata Samahudi.

Terpopuler