Wamenhub Puji Kesiapan Pelabuhan di Kota Batam

Red: Hazliansyah

Selasa 14 Aug 2012 21:53 WIB

Pelabuhan Batam Pelabuhan Batam

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, meninjau kesiapan sejumlah pelabuhan di Kota Batam dalam menghadapi musim mudik Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriyah, Selasa. Dua pelabuhan yang ditinjau oleh Wakil Menteri perhubungan adalah Pelabuhan Domestik dan Pelabuhan Angkutan Sungai Danau (ASDP) dan Penyeberangan Telangga Punggur, Kota Batam.

Di Pelabuhan Domestik Telagga Punggur, Wamen sempat meninjau sebuah kapal. Wamen melihat seluruh peralatan keselamatan di kapal tersebut.

"Kondisi pelabuhan dan armada siap menghadapi arus mudik. Saya minta semua mengutamakan keselamatan dalam pelayaran," kata Bambang.

Ia mengatakan sejauh ini hasil peninjauan di pelabuhan tersebut tidak menemukan gangguan yang signifikan. Pemerintah daerah juga dinilai berperan dalam pengecekan sebelumnya. "Tidak ada temuan yang signifikan, tidak ada yang membuat kapal untuk tidak berangkat," tambah dia.

Manajer Usaha PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batam AM Heriyanto mengatakan ASDP telah memanfaatkan kapal roro milik swasta untuk menambah dua kapal milik ASDP yang selama ini dioperasikan.

Tiga kapal itu akan melayani tujuan Batam-Tanjunguban, Bintan, serta satu kapal tujuan Batam-Tanjung Balai Karimun.

Ia mengatakan, tarif penyeberangan tetap sama seperti hari biasa untuk semua keberangkatan dari Pelabuhan Telagga Punggur Batam ke Tanjung Uban Pulau Bintan dan Parit Rampak, Tanjung Balai karimun.

Selain menambah kapal, pihaknya juga menambah trip penyeberangan dari Telaga Punggur ke Tanjung Uban dan sebaliknya dari 12 trip per hari menjadi 16 trip per hari. "Penambahan tersebut untuk mengantisipasi penumpukan penumpang seperti yang terjadi pada musim mudik Lebaran tahun lalu," kata dia.