Hadapi Lebaran BRI Siapkan Dana Tunai Rp 17,88 Triliun

Red: Taufik Rachman

Selasa 14 Aug 2012 02:41 WIB

Petugas memasukkan magasin uang ke dalam mesin ATM BRI di Kantor Pusat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta (ilustrasi). Foto: Antara/Yudha Petugas memasukkan magasin uang ke dalam mesin ATM BRI di Kantor Pusat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyiapkan dana Rp 17,88 triliun tunai di ATM dan kantor cabang untuk mencukupi kebutuhan masyarakat merayakan Idul Fitri 1433 H.

"Jumlah itu sudah termasuk cadangan untuk periode 10-24 Agustus 2012," kata Sekretaris Perusahaan BRI M Ali di Jakarta, Senin. Ia menyebutkan, jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2011 yang hanya sebesar Rp 15,39 triliun.

Menurut dia, BRI juga menyiapkan 400 kantor kas dan titik pembayaran untuk masyarakat guna pelayanan penerimaan pembayaran biaya SIM, STNK, dan BPKB (SSB) Polri pada saat libur dan cuti bersama. "Pada tanggal 18, 21, dan 22 Agustus BRI tetap menggelar pelayanan bagi masyarakat yang hendak membayar biaya mengurus SSB," kata Ali.

Ia minta nasabah BRI agar selalu waspada terhadap tren peningkatan aksi kriminalitas menjelang hari raya Idul Fitri. "Saya harapkan nasabah berhati-hati saat mengambil dana tunai baik saat bulan puasa atau Idul Fitri," katanya.

Ali menghimbau nasabah yang akan membawa atau mengambil uang agar seperlunya sesuai kebutuhan. "Apalagi saat ini ATM BRI telah tersebar banyak di seluruh Indonesia, jadi bagi nasabah yang tidak berhati-hati mudah terkena penipuan," kata Ali.

BRI sendiri memiliki 6.300 ATM BRI, 18.500 ATM Link, 22.000 ATM Bersama, 17.427ATM PRIMA, 2.075 ATM MEPS (BANKCARD), serta 800.000 ATM berlogo Cirrus di seluruh dunia.

Dia juga meminta nasabah menjaga kerahasiaan PIN serta merubahnya secara berkala.

Terpopuler