Kemenag Gelar Sidang Isbat Sabtu Sore

Red: Taufik Rachman

 Senin 13 Aug 2012 11:35 WIB

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali. Foto: Antara/Syaiful Arif Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kementeria Agama akan menggelar sidang isbat penentuan Idul Fitri atau 1 Syawal pada Sabtu sore (18/8), kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Jakarta, Senin.

Pernyataan Menag itu disampaikan seusai penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) di Kemenko Kesra Jl Medan Merdeka Barat No.3, Jakarta. "Kami akan laksanakan Sabtu sore, 18 Agustus," kata Menag Suryadharma Ali sambil masuk ke mobilnya.

Sebelumnya Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat juga menjelaskan bahwa pelaksanaan sidang tersebut diselenggarakan Sabtu sore didasarkan pada perhitungan hisyab bahwa pada saat itu hilal sudah di atas nol derajat. "Kami kan memperhitungkan 1 Syawal dan Idul Fitri berdasarkan hisyab dan rukyat," katanya.

Memang diperkirakan Lebaran atau Idul Fitri akan jatuh pada Minggu (19/8), katanya.

Seluruh Ormas Islam akan diundang, termasuk Muhammadiyah yang pada sidang isbat penentuan awal Ramadhan tidak hadir. Sidang ini akan terbuka dan dilaksanakan di Gedung Kemenag Jalan MH. Thamrin.

Ia menolak jika sidang tersebut diselenggarakan tertutup sebagaimana disarankan salah satu Ormas Islam lainnya ketika berlangsung sidang isbat penentuan awal Ramadhan, beberapa waku lalu. Peran pemerintah sebagai mediasi. Dalam sidang itu juga akan hadir dari kalangan Badan Hisyab dan Rukyat, katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X