Jelang Lebaran, Jasa Pengiriman Barang Kebanjiran Order

Red: Hazliansyah

Sabtu 11 Aug 2012 22:15 WIB

Pekerja melakukan bongkar muat barang di tempat jasa pengiriman barang di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Senin (25/7). Jelang bulan Ramadhan, aktivitas pengiriman barang mulai meningkat. Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto 6 Pekerja melakukan bongkar muat barang di tempat jasa pengiriman barang di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Senin (25/7). Jelang bulan Ramadhan, aktivitas pengiriman barang mulai meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Perusahaan jasa pengiriman barang dan dokumen di Palembang, Sumatera Selatan, 'kebanjiran' order. Tingginya penggunaan jasa pengiriman barang ini telah terjadi sebelum menjelang bulan suci Ramadhan 1433 Hijriah.

Sejumlah pemilik perusahaan jasa pengiriman di Palembang, Sabtu, mengatakan beberapa hari terakhir terjadi peningkatan permintaan pengiriman terutama barang berupa makanan, ambal dan pakaian jadi, sedangkan pengiriman dokumen atau surat masih stabil.

Direktur PT Jevin Multi Sarana (JMS) Kargo Palembang Rita Rusmawati mengatakan, pengiriman barang melalui perusahaannya mengalami peningkatan sekitar 50 persen dari kondisi normal. "Biasanya dalam kondisi normal pengiriman barang setiap hari rata-rata 100 paket, sedangkan menjelang Lebaran sekarang ini terhitung 10 Agustus mencapai 150 paket," ujar dia.

Permintaan pengiriman barang itu dominan tujuan ke pulau Jawa terutama Jakarta, Bandung dan Surabaya, begitu juga paket yang masuk untuk didistribusikan ke wilayah Sumsel dominan dari sejumlah kota tersebut.

Tingginya permintaan pengiriman barang sudah diprediksi sebelumnya karena berdasarkan pengalaman setiap bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran selalu terjadi lonjakan order pengiriman terutama berbagai jenis barang kebutuhan merayakan hari besar keagamaan umat Muslim itu.

Dengan menambah beberapa unit armada dan didukung personel serta jaringan yang ada, pihaknya siap melayani berapa pun permintaan pengiriman dan tujuan ke mana saja, ujar Rita yang telah menekuni bisnis ini sekitar 10 tahun.

Mengenai ongkos kirim, dia menjelaskan, PT JMS Kargo menetapkan dua pilihan tarif, untuk pengiriman paket barang maupun dokumen secara kilat (satu hari sampai) Rp15.000 per kilogram dan pengiriman biasa (tiga hari sampai) Rp11.000 per kg.

Sementara pemilik PT Tri Pratama Expresindo (TPX) Cargo Ian Fakhlani mengatakan, beberapa hari terakhir permintaan pengiriman paket barang meningkat sekitar 60 persen.

Untuk mengatasi peningkatan pelayanan jasa pengiriman barang menjelang Lebaran tahun ini, TPX Cargo telah menambah beberapa unit kendaraan baru dan sewaan, kata dia menambahkan.

Terpopuler