Mulai Meningkat, Pesanana Bingkisan Lebaran

Rep: Mg03/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Kamis 09 Aug 2012 19:09 WIB

Pedagang parsel di Stasiun KA Cikini Foto: Wordpress Pedagang parsel di Stasiun KA Cikini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki pekan ketiga Ramadhan, bingkisan parsel kini mulai diburu oleh konsumen. Mereka yang ikut mendapat rezeki ialah perajin dan pedagang parsel di sepanjang stasiun kereta Cikini.

Bingkisan parsel berisi makanan hingga peralatan makanan keramik bisa dipesan atau langsung dibeli di kios-kios tersebut. Pera pembeli juga bisa langsung menyaksikan sendiri proses pembuatannya di kios-kios parsel ini.

 

Menurut pemilik kios "Aida Parsel" di Stasiun Cikini, Aida, masyarakat lebih memilih memesan parsel campuran yaitu parsel yang berisi makanan dan peralatan makanan keramik. Tiap tahunnya menurut perempuan berusia 34 tahun ini masyarakat antusias dan sudah menjadi tradisi bagi mereka untuk membeli parsel lebaran.

 

"Saat ini jumlah pesanan parsel meningkat dibandingkan minggu lalu. Pemesanan parsel bisa mencapai 10-20 parsel per hari," tambahnya.

 

Harga parsel tersebut bervariatif, mulai dari harga Rp 200.000 hingga Rp. 700.000 untuk yang berisi makanan, sedangkan Rp 300.000 hingga Rp 1.500.000 untuk yang berisi campuran yaitu makanan dan peralatan makan keramik.

 

Aida mengatakan pemesan parsel biasanya lebih banyak dari kantoran, minimal mereka memesan 20 parsel. Perusahaan memesan parsel untuk para karyawan atau mitra kerjanya sebagai ucapan lebaran.

Aida menambahkan prosentase peningkatan omset lebaran kali ini belum bisa dihitung. "Biasanya peningkatan pembeli parsel terjadi saat seminggu sebelum lebaran, kebanyakan pembelinya perorangan," tambahnya.

 

Pembeli parsel di Stasiun Cikini berasal dari berbagai daerah, mulai dari wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, Bandung dan kota-kota lainnya. Menurut Aida, parsel yang ada di Jl. Cikini ini sudah banyak dikenal orang. Jadi banyak pembeli yang datang bukan dari wilayah Jakarta saja.

 

Bila mau, pemesan atau warga yang ingin membuat sendiri parsel sesuai dengan isi dan bentuk yang diinginkan bisa membeli bahan-bahan kerangka parsel, seperti keranjang bambu, rotan atau kayu dan hiasan lainnya seperti pita dan hiasan ketupat. Harga yang ditawarkan sesuai dengan ukuran dan bahan dasarnya, mulai dari Rp 2.000 untuk hiasan bunga sampai Rp 150.000 untuk bahan-bahan lainnya.

Terpopuler