Kapankah Waktu Persis Lailatul Qadar?

Red: Endah Hapsari

Rabu 08 Aug 2012 10:07 WIB

Tingkatkan ibadah dalam 10 hari terakhir Ramadhan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar/ilustrasi Foto: AP Tingkatkan ibadah dalam 10 hari terakhir Ramadhan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Kehadiran malam Lailatul Qadar selalu menjadi satu malam yang senantiasa dinanti. Pertanyaan yang lantas muncul, kapankah persisnya muncul malam ini? 

Menurut Ustaz Aam Amiruddin, dalam hadis riwayat  Bukhari, disebutkan bahwa Nabi SAW menemui para sahabat, lalu beliau berkata, tadinya aku mau memberitahukan secara definitif tanggal diturunkannya Lailatul Qadar, tetapi Allah membuat saya lupa menyebutkannya. Sekarang tingkatkan saja amal ibadah kamu pada 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan.

Keterangan ini menegaskan bahwa turunnya Lailatul Qadar itu misteri. Hanya Allah yang Mahatahu. Tugas kita bukan meraba-raba tanggal berapa turunnya, yang paling penting semakin bertambah hari bulan Ramadhan harus semakin giat beribadah, apalagi pada 10 hari terakhir Ramadhan. Wallahu a'lam bish shawwab. 

Terpopuler