Jelang Dioperasikan, Kereta Ekonomi AC Diuji Coba

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Senin 06 Aug 2012 17:47 WIB

Kereta Ekonomi (ilustrasi) Kereta Ekonomi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV Semarang, Senin (6/8), menguji coba KA ekonomi AC yang akan digunakan untuk melayani penumpang dalam angkutan Lebaran tahun ini.

Kereta api (KA) ekonomi AC akan dioperasikan sebagai KA Tawang Jaya Lebaran rute Semarang-Jakarta dan sebaliknya melayani arus mudik dan balik Lebaran 2012 itu. Kini kereta tersebut diuji coba dari Stasiun Pekalongan menuju Tegal, Jawa Tengah.

"KA Tawang Jaya Lebaran akan dioperasikan mulai H-10 (sepuluh hari sebelum Lebaran), tepatnya 9 Agustus 2012 dari Jakarta ke Semarang. Sedangkan dari Semarang ke Jakarta akan dioperasikan mulai 10 Agustus 2012," kata Kepala PT KAI Daops IV Semarang Arief Wahyudi.

Arief menyebutkan bahwa KA ekonomi AC tersebut memiliki 10 gerbong dengan kapasitas masing-masing sebanyak 80 orang. Dengan demikian kapasitas total penumpang dalam satu rangkaian KA mencapai 800 orang.

KA ekonomi AC buatan PT Industri KA (Inka) tersebut memiliki tempat duduk yang sama dengan KA ekonomi biasa. Bedanya kereta ini dilengkapi dengan AC di setiap gerbongnya dan pintunya sudah menerapkan sistem otomatis.

"Kami juga mendapatkan tambahan KA Tawang Jaya non-AC untuk angkutan penumpang Lebaran 1433 H. Nantinya, ada tiga jadwal pemberangkatan KA Tawang Jaya, dua KA tambahan dan satunya KA reguler," katanya.

Rencana ke depannya, kata Arief, operasional KA ekonomi AC tersebut tak hanya dilakukan untuk masa Lebaran, tetapi dioperasikan melayani masyarakat seperti KA-KA reguler lainnya.

"Setelah Lebaran, KA Tawang Jaya ekonomi AC tetap dioperasikan sebagai tambahan untuk melayani penumpang rute Semarang-Jakarta sehingga nantinya akan ada KA Tawang Jaya, yakni ekonomi AC dan non-AC," ungkapnya.