Pemudik Palembang 'Dimanjakan' Sembilan Kapal

Red: Djibril Muhammad

Jumat 03 Aug 2012 20:09 WIB

Pemudik via laut Pemudik via laut

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Berbagai persiapan terus dilakukan berbagai pihak terkait arus mudik pada lebarang mendatang. Dinas Perhubungan Kota Palembang, misalnya, menyiapkan sekitar sembilang kapal penyeberangan untuk melayani pemudik yang akan menggunakan transportasi laut dari Palembang menuju Pulau Banka.

Kepala Bidang Hubungan Laut dan Air Sungai Danau Penyeberangan Dinas Perhubungan Kota Palembang Said Albar menegaskan, pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2012 akan ditingkatkan. "Kalau tahun sebelumnya hanya delapan unit kapal mulai sekarang ditambah satu unit sehingga menjadi sembilan unit," katanya di Palembang, Jumat (3/8).

Penambahan satu unit kapal jenis roro tersebut, lanjut dia, adalah bagian dari peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa penyeberangan itu. Kapal itu telah dioperasikan untuk penyeberangan dari Pelabuhan 35 Ilir Palembang ke Muntok Pulau Bangka.

Pihaknya memprediksi peningkatan pengguna jasa penyeberangan akan terjadi 10 hari sebelum Lebaran atau puncaknya tiga hari sebelum Idul Fitri 1433 Hijriah. Dia mengatakan, saat ini sudah mulai terjadi peningkatan pengguna jasa penyeberangan khususnya truk pembawa sembako.

Namun, katanya, hingga saat ini jumlah truk antre masih terbatas dan belum ada penumpukan seperti yang terjadi tahun-tahun sebelumnya. Pihaknya juga akan membangun posko pengamanan terpadu tujuh hari menjelang Lebaran sampai dengan 15 hari pascalebaran.

Posko tersebut akan melayani pemudik secara optimal bukan hanya dari masalah keberangkatan kapal tetapi juga disiapkan tenaga medis dan keamanan. Ia mengatakan, program angkutan Lebaran tersebut rutin dilaksanakan setiap menyongsong Idul Fitri.

Program penambahan angkutan penyeberangan itu, katanya, tujuannya memperlancar para pemudik hingga kampung halaman dengan cepat dan nyaman.

Terpopuler