Safari 'Dzuhur' Ramadhan ala Gus Ipul

Rep: Amri Amrullah/ Red: Chairul Akhmad

Kamis 02 Aug 2012 19:38 WIB

Wakil Gubernur Jawa Timur, H Syaifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul. Foto: Republika/Heri Purwata Wakil Gubernur Jawa Timur, H Syaifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMONGAN – Ramadhan, bagi pejabat pemerintahan menjadi sarana mendekatkan diri dengan masyarakatnya. Momentum itu pula yang dilakukan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Safullah Yusuf, dalam safari Ramadhannya kali ini.

Wagub yang akrab disapa Gus Ipul ini selalu menyempatkan diri mengunjungi berbagai wilayah di Jawa Timur selama Ramadhan. Berbeda dengan para pejabat pemerintahan lain yang melakukan Safari Ramadhan menjelang berbuka puasa.

Gus Ipul lebih memilih melakukan safari Ramadhan di tengah hari, yaitu ketika memasuki waktu shalat DZuhur. Tidak tanggung-tanggung, setiap kunjungan di tengah hari pas waktu berpuasa ini pun dilakoninya hingga memasuki wilayah Desa.

Seperti kunjungan safari Ramadhan yang dilakukan keempat kalinya di Masjid Jami' Al-Mu'minun, Desa Manyar, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Kamis (2/8).

"Kenapa pilih waktu Dzuhur? Selain sekalian sholat Dzuhur, siang hari pun warga desa baru pulang dari bertani. Kalo Ashar ibu-ibu sibuk masak. Lha, kalo Subuh keawalan," canda Gus ipul yang langsung disambut senyuman warga Desa Manyar.

Hampir setiap tahun Gus Ipul melakukan safari Dzuhur Ramadhan. Ia mengungkapkan, ini adalah yang ketiga kalinya di bulan Ramadhan ia melakukan safari Ramadhan. "Insya Allah, rutin. Ini ketiga kalinya saya safari Dzuhur Ramadhan ke berbagai daerah di Jatim," ujarnya.

Tahun lalu, ungkap dia, 12 titik di beberapa wilayah Kabupaten/Kota disambanginya dalam safari Dzuhur Ramadhan. "Ya kalau ada waktu kosong, saya lebih memilih safari Ramadhan, biar lebih dekat dengan warga Jatimlah," imbuhnya.

Terpopuler