Napi LP Indramayu Ikuti Pesantren Kilat Ramadhan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Hafidz Muftisany

Selasa 31 Jul 2012 14:44 WIB

Lapas Indramayu Lapas Indramayu

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Bulan suci Ramadhan dimanfaatkan umat Islam untuk memperbanyak ibadah dan menambah pengetahuan keagamaan. Hal itu juga seperti yang dilakukan  102 warga binaan lembaga pemasyarakatan (lapas) kelas II B Indramayu.

Para warga binaan itu mengikuti kegiatan pesantren kilat yang diadakan di dalam Lapas kelas II B Indramayu. Kegiatan yang sudah rutin diadakan setiap tahun tersebut diadakan selama sepekan, mulai Senin hingga Sabtu (30 Juli – 4 Agustus 2012).

‘’Acaranya mulai dari jam 08.00 – 12.00 WIB,’’ ujar Kasie Binadik Lapas Kelas II B Indramayu, Anhar Likorin, Selasa (31/7).

Anhar mengatakan, jumlah warga binaan yang ditampung di lapas sebenarnya sekitar 644 orang. Namun, akibat keterbatasan ruangan, warga binaan yang mengikuti pesantren kilat hanya 102 orang.

 

‘’Warga binaan berasal dari berbagai kasus kejahatan, termasuk korupsi,’’ kata Anhar.

Selama mengikuti pesantren kilat, lanjut Anhar, para warga binaan menerima ceramah mapun tanya jawab mengenai sejumlah materi. Yakni fikih, akhlak, tauhid, tafsir, Alquran, hadis, dan sejarah kebudayaan Islam.

Selain kegiatan pesantren kilat, di lapas juga dilaksanakan solat tarawih berjamaan di masjid lapas. Namun, demi keamanan, jumlah jamaah solat tarawih setiap malamnya hanya dibatasi 250 orang. Sedangkan lainnya, menyelenggarakan solat di dalam sel nya masing-masing.