Paket Wisata Ramadhan Banda Aceh Diminati Turis Malaysia

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Jumat 27 Jul 2012 23:30 WIB

Masjid Raya Baiturahman Aceh. Foto: Republika/Tahta Aidila Masjid Raya Baiturahman Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Setiap bulan puasa, Pemerintah Banda Aceh selalu menawarkan paket wisata khusus Ramadhan. Turis asal Malaysia ialah salah satu wisman yang menikmati suasana bulan suci itu di Banda Aceh.

"Banyak wisatawan Malaysia menikmati hari-hari berpuasa di Banda Aceh karena memang nuansanya berbeda dengan daerah asal mereka," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh Reza Pahlevi di Banda Aceh, Jumat (27/7)

Nuansa Ramadan di daerah berjuluk Serambi Mekah, ia sebut berbeda dengan daerah-daerah lain karena suasananya terasa lebih kusyuk dan khidmat.

Ia mendapatkan langsung pengakuan wisatawan terutama muslim dari sejumlah negara yang berada di Kota Banda Aceh pada Ramadan.

Kini di Banda Ache, iamenyebutkan "nikmati indahnya Ramadan di Banda Aceh`` telah dijadikan sebagai kalimat yang terpasang pada iklan promosi pariwisata kota.

"Yang kita tawarkan pada paket wisata Ramadan kepada wisatawan baik nusantara maupun internasional antara lain pelaksanaan buka puasa bersama di kampung-kampung, shalat tarawih dan tadarus di masjid dan meunasah di Aceh," kata dia.

Selain itu, Reza menjelaskan wisatawan juga ditawarkan paket wisata ziarah jejak para ulama Aceh dan objek wisata sejarah yang tersebar di sejumlah lokasi di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. "Rangkaian kegiatan tur nuansa Islami di Kota Banda Aceh yang berbeda dengan daerah lain di Indonesia kita tawarkan dalam paket kunjungan wisata Ramadhan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh itu.

Terpopuler