Dari Kurma California hingga Kurma Nabi Laku Keras di Jatinegara

Red: Didi Purwadi

Kamis 26 Jul 2012 21:10 WIB

Buah kurma Foto: tajagroproducts.com Buah kurma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pedagang di Pasar Jatinegara mengatakan penjualan kurma memasuki bulan Ramadhan kali ini meningkat hingga 100 persen dari hari biasa.

"Selama puasa penjualan kurma akan makin ramai. Penjualan saat ini saja sudah meningkat hingga 100 persen dari hari biasa," kata salah satu pedagang kurma, Madrukun, di Pasar Jatinegara, Jakarta, Kamis.

Namun jika dibandingkan tahun lalu, penjualan kurma pada Ramadhan tahun ini mengalami penurunan sebesar 25 persen. Madrukun mengatakan pada pertengahan puasa penjualan kurma akan menurun. Penjualannya akan meningkat lagi jelang Lebaran.

Berbagai kurma impor seperti kurma Tunisia, kurma Mesir, kurma California, kurma Nabi bahkan kurma lapis coklat itu dijual dari Rp 20.000 hingga Rp 400.000 per kg. Madrukun mengatakan kurma California dijual Rp 200.000 per kg.

Sementara, kurma yang paling mahal yaitu kurma nabi karena memiliki kualitas yang lebih baik dari kurma lainnya. Kurma nabi dijual Rp 400.000 per kg. Omset hasil penjualan buah kurma yang diperoleh Madrukun pada bulan Ramadhan saat ini mencapai Rp 5 juta per hari.

Terpopuler