Berzakat Kian Mudah Lewat Aplikasi i-Zakat

Rep: MG05/ Red: Karta Raharja Ucu

Selasa 24 Jul 2012 12:41 WIB

Pelayanan Dompet Dhuafa Foto: Republika/ Pelayanan Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kecanggihan dunia digital sudah menyentuh semua sendi kehidupan, tak terkecuali dalam menyalurkan zakat, infak dan sadekah. Guna memudahkan masyarakat membayar kewajibannya, Dompet Dhuafa mencoba mengakomodirnya dengan merambah dunia digital dengan meluncurkan aplikasi i-Zakat yang dapat diakses melalui iPad ataupun iPhone.

Aplikasi diluncurkan guna memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat tentang aktivitas pemberdayaan zakat, berupa charity atau kegiatan sosial, ekonomi, relief dan advokasi. Selain itu, aplikasi ini juga bertujuan mengajarkan masyarakat, terutama umat muslim untuk berzakat dan menjalankan ajaran agama Islam secara kaffah.

General Manager Corporate Secretary Dompet Dhuafa, M Sabeth Abilawa mengatakan, dalam aplikasi ini, para donatur bisa memantau langsung penyaluran zakat yang telah diberikan melalui Dompet Dhuafa. "Pelaporan kemana saja zakat itu disalurkan sudah bisa diraskan dan dilacak oleh para donatur. Jadi akuntabilits dan transparansinya cukup jelas," sebut Sabeth pada launching i-Zakat, di Cilandak Town Square, Jakarta, Senin (23/7) kemarin.

Dijelaskan Sabeth, aplikasi i-Zakat bisa di download secara gratis melalui iPad dan iPhone. Di aplikasi tersebut, sambung Sabeth, terdapat fitur-fitur yang memperlihatkan hampir semua kegiatan Dompet Dhuafa. Di dalam i-Zakat juga terdapat majalah internal Dompet Dhuafa bernama 'Swara Cinta' yang bisa diunduh secara gratis.

Selain itu ada juga kalkulator zakat dan zakat TV. Sabeth menerangkan, kalkulator zakat memudahkan masyarakat dalam menghitung jumlah yang harus dikeluarkan. "Dengan kalkulator zakat, masyarakat bisa menghitung sendiri berapa zakat yang harus dikeluarkan," papar Sabeth.

Namun saat ini aplikasi i-Zakat masih dalam tahap penyempurnaan. "Dompet Dhuafa terus berupaya agar aplikasi ini semakin lengkap isinya. Sehingga bisa menjawab semua kebutuhan masyarakat yang ingin mengetahui tentang zakat dan pendayagunaanya. Semua kami lakukan demi mensyiarkan zakat, infak dan sedekah demi kmudahan masayarakat beramal dan berbagi," papar Sabeth.

Terpopuler